Jumat, Februari 27, 2009

If There Are No Days Worth after 2012

seminggu lalu di sebuah infotaintment di televisi gencar2nya disiarkan mengenai ramalan paranormal indonesia ttg hari kiamat berkaitan tentang teori planet X dan pembalikan kutub magnet disertai dengan fakta mengenai kalender bangsa maya. pada ramalan mama lauren, seorang peramal indonesia yg sangat beken saat ini, diramalkan penduduk indonesia setelah saat itu, hanya tinggal 30-40%. banyak orang yang ngga percaya, and menganggap ramalan itu hanya bullshit, bahkan di internet, ada beberapa orang genius yg melawan argumen2 itu, bahkan tentang teori2 kiamat itu dengan bukti2 dan penjelasan ilmiah yg bisa diterima. tapi juga ada yang percaya.

hmm, terlepas dari percaya ngga percaya, timbul sebuah pemikiran yg cukup mengganggu aku. seandainya tidak terjadi sih ok, tapi kalo memang benar terjadi, bagaimana? ngga ada seorang pun yg tau apa itu nanti benar2 tidak terjadi. tapi seandainya memang benar terjadi. ya, mulai dari sini, aku mengabil kemungkinan terburuk, karena toh kalo tidak terjadi apa2 berarti kita hidup seperti biasanya no fun on talking about that :), kita mencoba memilih jalan "terjadi bencana 2012". apa yang bakal kamu lakukan?

seandainya itu memang waktu yg akan dan harus dilalui, maka, mulai sekarang aku akan mengumpulkan dokumentasi tentang teknologi/ilmu pengetahuan terkini yang esensial untuk memulai kembali peradaban setelah "the great catastrophe"(TGC).

ilmu yg bakal aku kumpulin pertama kali adalah first aid and survival karena setelah terjadi TGC, apsti kita bakal kehilangan sebagian tenaga medis, sedang yg terluka bisa mencapai 80% masyarakat.jadi ilmu ini tidak hanya dikumpulkan, tapi ada baiknya dipelajari, dan dijadikan keahlian mulai sekarang. survival sendiri ada banyak macam pengetahuan, tapi pertanyaan yg menggelitik, "sudahkah anda bisa mengolah makanan anda sendiri?" "bisakah kita mengolah dan memakan apa yg tersedia di alam?" untuk pertanyaan yg pertama, untungnya aku sudah cukup mampu dalam mengolah makanan, tapi kalo masalah makan apa yg ada... aduh rasanya berat banget kalo harus makan belalang ato tikus sebagai makanan >,< jijay.

lalu segera sesudah bencana, akan terjadi masalah baru... cadangan pangan banyak yg hancur, pertanian hancur, peternakan amburadul, gudang logistik bisa saja juga hancur... persediaan pangan menipis, terjadi bencana kelaparan. karena itu ilmu agricultural perlu juga dimiliki. selain itu juga perlu menyediakan bibit2 dan meyimpan bahan makanan yg bisa tahan lama, seperti ubi2an dan biji2an. dengan begitu, setelah TGC terjadi... ada baiknya segera menyadarkan diri dari kesedihan, menguburkan mereka yg telah tiada (atau memakan mereka kalau kamu memilih menjadi seorang kanibal!!!) pemusnahan mayat harus segera dilakukan agar wabah penyakit seperti pes, dll yg bisa ditimbulkan dari mayat tidak menyebar. setelah itu, segeralah bekerja untuk persediaan makanan untuk bulan2 kedepan, karena saat itu makanan akan menjadi sesuatu yg bisa menimbulkan konflik.

nah, seandainya orang2 tidak segera sadar, dan terus bermalas2an, maka bencana kelaparan akan segera terjadi. saat itu bisa saja terjadi pembunuhan hanya untuk memperebutkan makanan, bahkan membunuh untuk melakukan kanibalisme... saat itu, akan sangat diperlukan pengetahuan untuk membela diri, ilmu untuk membuat senjata dan jebakan, martial art untuk membela diri sendiri, keluarga, atau kelompok kita nantinya. oleh karena itu, sebaiknya mulai mempelajari martial art, dan mengumpulkan pengetahuan untuk merakit senjata dan jebakan mulai sekarang, mulai dari membuat panah, ankle snare, bahkan senjata api dan bom.

karena itu, nantinya bakal perlu tau juga ilmu untuk mengolah besi da logam, karena saat itu akan banyak besi rongsokan dari mobil / bangunan / apapun yg tidak berguna, sedangkan mungkin diperlukan senjata untuk survive dari sesama manusia, dan alat alat lainnya, misalnya alat pertanian dan pertukangan.

lalu karena sekolah2 hancur, kegiatan belajar berhenti, nantinya mulai muncl masalah2 medis. penyakit2 merenggut sebagian populasi lagi karena terbatasnya tenaga medis dan obat2an. karena itu, diperlukan juga pengetahuan mengenai kesehatan dan medis.

dan... karena kondisi alam yg mungkin makin tdak bersahabat, sangatlah bijaksana juga bila kita punya ilmu ttg bangunan, bagaimana membuat konstruksi yg lebih tahan terhadap bencana. mungkin di belahan dunia yg lain terjadi perang yg lebih hebat, seperti perang nuklir, sehingga kita harus bisa membuat shelter yg bisa melindungi orang di dalamnya ketika radiasi juga nyabrang ke negara kita yg damai and ngga ikut2an perang ini.
tapi basic dari ilmu struktur bangunan juga uda ok kok :)

lalu apalagi ya... coba kalian yg baca postingan ini juga sumbang ide. thread ini hanya thread bodoh untuk sekedar fun, dan memuaskan imajinasi kita. tapi kalo memang itu bakal terjadi... kalian sudah membaca thread ini dan mengetahui beberapa kemungkinan yg akan mengikutinya sehingga kalian tau apa yg harus kalian lakukan...

ya.. itu kalo terjadi, kalo misalnya engga, paling tidak km uda lebih pinter setelah mengumpulkan dan mempelajari ilmu2 itu :D
"bangkit dan kembangkan dirimu sendiri. segala perkembangan tidak akan merugikanmu, kecuali perkembangan kebodohan dan setan dalam dirimu :D"

1 komentar:

Ficky mengatakan...

waduh banyak banget yang perlu dipersiapkan hanya untuk sebuah kemungkinan yang belum tentu terjadi. menurutku semua yg kamu persiapkan tidak akan cukup untuk menghadapi kemungkinan seperti itu. misalnya km udah belajar masalah kedokteran, akan tetapi apa yang km pelajari adalah teknologi jaman sekarang, dan dari yang km critakan, sepertinya setelah 2012 peralatan kedokteran akan sangat minim, apalagi sumber tenaga. jadi, apabila berita tersebut memang benar. manusia akan berevolusi sekali lagi :D